Cara mengubah warna firefox menjadi hitam


Mozilla Firefox adalah browser dengan pengguna terbanyak kedua setelah Google Chrome. Terlebih lagi setelah Mozilla melakukan update terbesar browser ini ke Firefox Quantum, pengguna browser ini terus meningkat. Di browser Firefox Quantum, Mozilla melalukan tiga perubahan utama yaitu peningkatan kecepatan, penggunaan memori yang lebih sedikit dan modifikasi antarmuka (interface).

Browser Mozilla Firefox memiliki tiga tema yang sudah terinstal yaitu Default, Light dan Dark. Bila Anda belum pernah melakukan perubahan tema, secara default, browser Mozilla Firefox menggunakan tema Default. Tema Default ini dapat mengikuti pengaturan tema di Windows. Misalnya, bila Anda mengubah warna bilah judul (title bar) di Windows, browser Mozilla Firefox juga akan menggunakan bilah judul dengan warna yang sama.

Sekarang ini banyak aplikasi desktop maupun aplikasi web yang menyediakan mode tema gelap. Implementasi mode tema gelap pada aplikasi bisa dalam bentuk fitur bawaan (built-in feature) atau melalui pemasangan ekstensi. Mode tema gelap bisa meliputi keseluruhan antar muka atau hanya bagian tertentu saja seperti bilah judul (title bar), menu browser dan bagian lainnya.

Blog ini memiliki beberapa artikel tentang mode tema gelap (dark theme mode) lainnya seperti mode tema gelap, mode tema gelap explorer, mode tema gelap aplikasi-aplikasi, mode tema gelap browser google chrome, dan mode tema gelap microsoft edge Anda juga dapat menemukan artikel-artikel tersebut melalui kotak pencarian (search box) di blog ini dengan kata kunci "dark mode".

Artikel kali ini adalah tentang cara mengaktifkan mode tema gelap (dark theme mode) di browser Mozilla Firefox. Mode tema gelap untuk browser Mozilla Firefox tidak berlaku menyeluruh. Tampilkan halaman web tetap mengikuti warna asli halaman web dan tidak berubah. Bila Anda pengguna browser Mozilla Firefox dan ingin mengubah ke mode tema gelap yang tersedia, berikut ini adalah cara mengaktifkannya:

Jalankan atau buka browser Mozilla Firefox, klik tombol Open menus (1) yang ada di sudut kanan atas dan kemudian pilih Add-ons (2).



Di halaman Add-ons Manager yang muncul, pastikan Anda memilih tab Themes (1), untuk mengganti tema dari tema Default ke tema gelap (Dark), klik tombol Enabel (2) dari tema Dark.






Komentar